GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Syaifuddin Gani Dikukuhkan Jadi Duta Baca Sulawesi Tenggara

Syaifuddin Gani Dikukuhkan Jadi Duta Baca Sulawesi Tenggara

Kendari, Inilahsultra.com â€" Penggiat literasi Syaifuddin Gani resmi dikukuhkan menjadi Duta Baca Sulawesi Tenggara 2018-2020 oleh Pj Sekretaris Daerah Sulawesi Ten…

Syaifuddin Gani Dikukuhkan Jadi Duta Baca Sulawesi Tenggara

Kendari, Inilahsultra.com â€" Penggiat literasi Syaifuddin Gani resmi dikukuhkan menjadi Duta Baca Sulawesi Tenggara 2018-2020 oleh Pj Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara, Hj. Isma.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Gubernur Selasa 28 Agustus 2018 lalu.

Proses pengukuhan dimulai dengan pembacaan Keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara No. 432 Tahun 2018 tentang Pengukuhan Syaifuddin Gani sebagai Duta Baca Prov. Sultra tahun 2018-2020.

Momen berlangsungnya pengukuhan dihadiri dan disaksikan oleh para kepala OPD se-Sultra, kepala lembaga vertikal, direktur BUMN dan BUMD, serta penggiat komunitas.

Pada sambutannya, Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, sebagaimana yang dibacakan oleh Pj Sekda Sulawesi Tenggara mengatakan, dari beragam survei, membuktikan bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih rendah.

“Dibutuhkan sebuah langkah nyata agar meningkatkan kualitas pelaksanaan promosi dan sosialisasi dan minat baca sehingga masyarakat kita memiliki kecerdasan yang tinggi. Pemilihan Duta Baca Sultra sebagai yang pertama ini adalah awal yang bagus untuk mengampanyekan minat baca ke seluruh lapisan masyarakat. Syaifuddin Gani mengemban sebuah tugas mulia untuk aktif ke berbagai daerah di Sultra dalam rangka meningkatkan budaya baca sehingga minat baca masyarakat kita mengalami peningkatan. Kami juga berharap agar Duta Baca Sultra dapat bersinergi dengan OPD se-Sultra, BUMN-BUMD, komunitas, dunia pendidikan, serta penggiat literasi,” katanya seperti dikutip dari Rilis Panitia Seleksi Duta Bahasa Nurlena Harahap.

Dalam sambutannya itu juga, Isma menyampaikan sebuah kabar baik bahwa Gubernur Sultra terpilih Ali Mazi, telah memprogramkan pembangunan gedung perpustakaan Sulawesi Tenggara yang megah dan representatif untuk membangun dunia intelektual, berkebudayaan, dan berperadaban. Masyarakat Sultra nantinya dapat men gakses literatur yang beragam.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara, Wa Gola, memiliki harapan besar bagi Duta Baca Sulawesi Tenggara.

“Kami memprogramkan sejumlah kegiatan bagi Duta Baca Sultra untuk mengampanyekan Gerakan Nasional Kegemaran Membaca di berbagai kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di Sulawesi Tenggara. Kami juga berjarap ia menjadi role model pembudayaan kegemaran membaca di Sulawesi Tenggara, serta membuka jejaring kerjasama dalam pembudayaan kegemaran membaca di masyarakat,” kata Wa Gola.

Syaifuddin Gani selaku Duta Baca Sulawesi Tenggara adalah seorang penggiat literasi dan komunitas yang mengelola Pustaka Kabanti di halaman rumahnya sejak akhir awal 2016 sampai saat ini.

Ia mengawali karir kepenulisan di sebuah komunitas bernama Teater Sendiri yang berada di dalam Taman Budaya Sulawesi Tenggara sejak tahun 1998 silam. Di sela-sela acara pengukuhan, Duta Baca yang juga penyair terse but juga menyampaikan testimoninya.

“Saya berbahagia mendapat amanah sebagai Duta Baca Sulawesi Tenggara. Amanah ini adalah sebuah tugas berat sekaligus tanggung jawab mulia untuk ikut aktif mendorong kegemaran membaca di masyarakat Sulawesi Tenggara. Saya akan mencoba bersinergi dengan beragam pihak untuk bersama-sama membangun masyarakat pembaca yang lebih baik. Penulis besar dilahirkan oleh pembaca besar. Artinya, budaya baca yang dilakukan sebagai sebuah tradisi atau kebiasaan, di ujungnya akan melahirkan penulis. Jadi, kampanye gemar membaca akan saling beririsan dengan kampanye budaya menulis. Di Sultra begitu banyak penulis sebagai representasi masyarakat pembaca yang aktif di komunitas masing-masing. Mereka akan kita rangkul,” lanjut Gani yang juga peneliti sastra di Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara ini.

Sebagai bagian dari rangkaian pengukuhan, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara oleh Wa Gola dengan Duta Baca Provinsi Sulawesi Tenggara, Syaifuddin Gani.

Terpilihnya Syaifuddin Gani sebagai Duta Baca Sulawesi Tenggara adalah hasil dari sebuah seleksi yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara, tanggal 30 Juli 2018, silam. Dari sejumlah peserta yang ikut mendaftar, ada lima orang yang dinyatakan lolos berkas. Proses pemilihan pun dilakukan melalui wawancara terbuka oleh tiga juri di hadapan penonton.

Para juri adalah I Ketut Puspa Adnyana (Asisten Administrasi Umum Sekda Prov. Sultra), H. Andi Bahrun (Rektor Universitas Sulawesi Tenggata), dan Sartiah Yusran (dosen di Universitas Halu Oleo).

Editor : La Ode Pandi Sartiman

Sumber: Berita Sulawesi Tenggara

No comments