BI Sulawesi Tenggara Sosialisasikan GPN | Liputan 24 Sulawesi Tenggara
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BI Sulawesi Tenggara Sosialisasikan GPN

Posted by On 9:41 PM

BI Sulawesi Tenggara Sosialisasikan GPN

AKURAT.CO, Kantor Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mensosialisasikan Program Gerbang Pembayaran Nasional () kepada sejumlah wartawan di Kendari, Jumat (27/7).
Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Sultra, , mengatakan salah satu tujuan tujuan dibentuknya adalah mewujudkan sistem pembayaran nasional yang andal membangun ketahanan, pengembangan, serta meningkatkan daya saing.
"Serta, menata infrastruktur kelembagaan, instrumen, dan mekanisme sistem pembayaran nasional yang mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik secara interkoneksi dan interoperabilitas. Selain itu juga memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi nontunai," katanya dikutip dari Antara.
Dikatakan, ini memiliki sasaran yakni menciptakan ekosistem pembayaran nontunai dengan memperhatikan keamanan, kelancaran, dan kehematan. Sekaligus, langkah strategi mendukung program pemerintah, seperti GNNT dan transaksi nontunai lain.
" ini juga merupakan terobosan dalam rangka menghapus sekat-sekat yang selama ini diciptakan melalui peraturan dari masing-masing bank, di mana untuk mengakses kebutuhan perbankan maupun transaksi hanya bisa dilakukan pada bank yang sama," katanya.
Menurut dia, melalui maka pemilik kartu debit bank tertentu bisa bertransaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM) atau perangkat electronic data capture (EDC) bank lain.
"Pemersatu semua proses transaksi antarbank itu nantinya adalah sebuah logo berupa burung garuda berwarna merah yang disematkan di tiap kartu debit dan kartu uang elektronik," katanya.

Ia menyebutkan, salah satu manfaat , yakni nasabah bank tidak harus mencari mesin ATM yang sesuai dengan banknya untuk melakukan transaksi.
"Harapan kita, logo ini bisa membuat ekspektasi dari masyarakat itu bisa yakin. Kartu ini diproses secara domestik. Selama ini ATM kita berlogo visa dan mastercard dan itu bukan produk kita, tetapi itu produk luar negeri, nah sekarang kita sudah punya yang wajib digunakan dalam transaksi keuangan," tutupnya.[]

TPID Malang Waspadai Adanya Lonjakan Inflasi Juli

Gubernur BI Resmikan Gedung Kantor Perwakilan di Gorontalo

BNI Targetkan Pelaku UMKM di Sulawesi Utara Gunakan YAP

Sumber: Berita Sulawesi Tenggara

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »