Dua Syarat Alam agar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Secara ... | Liputan 24 Sulawesi Tenggara
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Dua Syarat Alam agar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Secara ...

Posted by On 2:28 PM

Dua Syarat Alam agar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Secara ...

supermoon sultra
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARIâ€" Seluruh masyarakat di permukaan bumi, termasuk Indonesia, Sulawesi Tenggara (Sultra) dapat menyaksikan fenomena langkah Super Blue Blood Moon yang akan berlangsung malam nanti, Rabu (31/1/2018).

Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Ranomeeto, Konawe Selatan (Konsel) Siti Risnayah mengatakan, tidak ada tempat khusus untuk dapat menyaksikan momen tersebut.

“Dimana saja sebenarnya bisa pak di daerah pegunungan juga baik. Yang penting tidak ada obstacle (hambatan),cuaca cerah atau berawan sedikit,” ungkapnya kepada zonasultra melalui sambungan WhatsApp Mesengger.

Dimana untuk menyaksikan fenomena ini tidak perlu menggunakan alat khusus dan dapat disaksikan dengan mata telanjang. Namun bagi yang ingin mengabadikan momen tersebut bisa menggunakan perlengkapan kamera, tergantung selera masing-masing.

(Berita Terkait : Jangan Lupa, Besok Ada Gerhana Bulan Total)

Lokasi pegunungan dan terbuka menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan fenomena setiap 150 tahunan ini, asal cuaca cerah atau sedikit berawan.

Proses gerhana bulan terjadi disaat matahari terbenam sampai tengah malam nanti dan puncaknya akan berlangsung pukul 21.30 WITA.

Prakirawan Stasiun Metereologi Maritim Kendari Adi Istiyono mengatakan, prakiraan cuaca wilayah Sultra tgl 31 Januari 2018 adalah sebagai berikut:

Pagi hari: berpotensi hujan ringan di wilayah Langara, Tirawuta, Wangi Wangi, Lasusua dan Kolaka. Berpotensi hujan lokal di wilayah Wanggudu, Unaaha, Kendari dan Andoolo.

Siang dan sore hari: berpotensi hujan ringan di wilayah Sultra, kecuali Rumbia dan Kolaka berawan.

Malam hari: berpotensi hujan ringan di wilayah Sultra, kecuali Sawerigadi, Tirawuta, Rumbia, Raha, Lasusua dan Kolaka berawan. Berpotensi hujan sedang di wilayah Langara.

(Berita Terkait : Gerhana Bulan, Wilayah Sultra Berawan Hingga Hujan Ringan)

Dini hari: berpotensi hujan ringan di wilayah Tirawuta, Unaaha, Wangi Wangi, Lasusua, Kolaka dan Kendari. Berpotensi hujan sedang di wilayah Wanggudu, Rumbia dan Andoolo.

Sementara peringatan dini tinggi gelombang hari ini di wilayah perairan Sultra dan sekitarnya, pada pukul 08.00- 20.00 WITA.

Dengan prakiraan tinggi gelombang hingga 1,25 â€" 2,5 meter terjadi di wilayah Perairan Baubau, Perairan Kep. Wakatobi, Laut Banda Timur Sultra, Perairan Kep. Banggai, dan Perairan Kep. Sula. (B)

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Tahir Ose

Sumber: Google News | Liputan 24 Sawerigadi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »